Quote today : "When you're committed to something, you must really do it, whatever it takes, you accept no excuses, only results. That is commitment.”

 unbeliavable, it's you

Unbeliavable ….

Tahun 2009 saja, gue baru bisa mempostingkan  artikel  sebanyak 39 buah, sedangkan dua bulan pertama tahun 2010 artikel yang berhasil gue posting  sebanyak 29. Selisihnya hanyalah 10 posting-an. Unbeliavable nya lagi, dibulan februari 2010 ini, gue berhasil memposting 24 tulisan. It’s crazy , isnt it?

Bagaimana ini tidak gila rasanya, artinya setidaknya 1-2 hari dibulan februari ini gue akan release satu tulisan. Produktif banget g sih diriku. *narsis mode is on* Gue bayangkan, bila ini angka dalam bisnis, maka bisnis itu berkembang dengan skala eksponensial.applause

Melamun punya melamun, pikir punya pikir, How come it happened to me?

 my name is tascha and i'm a SINGLE Indonesian moslem ^_^

Black in News : Sejak kejadian penyerangan teroris 9 september ke gedung kembar WTC Amerika tahun 2001, peraturan keluar-masuknya manusia ke negara adidaya tersebut semakin dipersulit. Serangan ini meluluh lantahkan dua bangunan mentereng sebagai simbol pusat ekonomi dunia dan menelan korban hampir tiga ribu jiwa.

Peristiwa inilah yang melatar belakangi lahirnya film “My name is Khan”, besutan Karan Johar. Film yang menceritakan seorang bernama Rizvan Khan (Shakhruk Khan) yang memiliki penyakit sindrom asperger sejenis autis ternyata memiliki kemampuan menemukan kata yang tersembunyi dibalik ratusan huruf yang tersusun secara acak. Ahh.. jadi ingat Miko Hughes yang berperan dalam film "Mercury Rising".

Penderita asperger ternyata masih bisa hidup secara mandiri, tidak seperti autisme lainnya dan menurut ilmu kedokteran, autis jenis ini bukanlah sebuah penyakit mental. Di film ini diceritakan pula bahwa Khan akan memberikan reaksi bila melihat sesuatu berwarna kuning ataupun berada dikeramaian. Sesuai pesan ibunya akhirnya Khan, pemuda Islam, menyusul adiknya ke San Fransisco. Konflik cerita mulai terlukiskan setelah serangan 9/11.

 cinta itu menurutku .......


Hi para sobber Black Community, menurutmu cinta itu apa ya?

Black in News : Suatu hari Plato bertanya kepada gurunya (Socrates), "Apa itu Cinta? Bagaimana saya bisa menemukannya?".

Socrates menjawab,"Ada ladang gandum yang luas didepan sana. Berjalanlah, tetapi jangan mundur kembali. Kemudian ambillah satu buah ranting. Jika kamu menemukan ranting yang kamu anggap paling menakjubkan, artinya kamu telah menemukan cinta".

Plato kemudian berjalan, tidak berapa lama kemudian ia kembali dengan tangan kosong tanpa membawa apapun.

Socrates bertanya, "Mengapa kamu tidak membawa satu ranting pun?"

 hasratku bersama seorang jongos

your dirty mind. It's a lamp, dude
Black in News : Tak terhitung berapa banyak jumlah kondom yang kutemui tergeletak diatas genting rumah tua yang ada didepan terasku.
“Resiko menetap disamping klub malam”, pikirku.

Setiap malam, bisa kurasakan getaran dinding kamarku. Ntah darimana sumbernya, apakah dari lantunan musik keras ataukah getaran hebat yang dihasilkan oleh pelakunya? Bagaimana tidak, ruanganku hanya dibatasi tembok setebal 20 sentimeter ini. Ingin segera beranjak dari tempat ini, tapi sekali lagi, hanya waktu yang bisa kupersalahkan... Tak ada waktu tuk mencari penginapan. Beban kerja dikantor membuatku tak ada waktu luang menemukan tempat yang jauh dari sumber getaran ini. Ditambah lagi, waktu wiken kugunakan mencari kerja tambahan sebagai pengajar bahasa inggris untuk kelas anak-anak.
Ya, kerja tambahan ini terpaksa kulakukan untuk mempercepat terkumpulnya pundi-pundi emasku.

Malam ini, kuputuskan tak langsung masuk ke kamarku. Melihat ramainya klub malam, dijejali mobil mewah. Pria berpakaian dendi, berambut klimis,mulai dari kumis tipis hingga kumis tebal, dari berkantong tebal hingga ber-cheque tebal, keluar masuk hilir mudik melewati entrance door. Tiba-tiba mataku tertuju pada seorang wanita yang keluar dari klub malam itu. Dia berjalan menuju kearah cafe yang sedang kusinggahi.

 malam yang menggetarkan

Black in News : “Ran, bisa g ketemunya hari ini? Saya besok ada meeting mendadak”, begitu bunyi pesan singkat di YM ku.
“Oke, klo gitu lima belas menit lagi gue nyampe sana. Soalnya aku kudu balik arah nih", jawabku.

Tidak terasa 3 jam sudah kami menghabiskan waktu di kedai kopi ini. Ditemani dua piring pisang bakar dicampur es krim, menambah suasana diskusi lebih santai. Mulai dari bahasan ngalor ngidul hingga berakhir pada kesimpulan bisnis wisata olahraga ekstrim di Pulau Dewata akan dijalankan mulai 3 bulan lagi, membuat aku dan Rio mematangkan segala rencana yang sudah kami susun sejak 6 bulan terakhir ini.
Ya.... Rio yang akan mengurus operasional disana, sementara aku fokus pada pemasarannya.

“Oke Ri, gue rasa work plan ini sudah cukup. Sementara loe berada disana, kita komunikasi via internet saja”, ujarku sambil menutup layar MacBook®.

 kenali DIA, baru manfaatkan

Twitter,
Black in News : Siapa sih yang tidak mengenal dengan deretan tujuh huruf ini. Saya yakin para Black Community, mengenal aplikasi social network ini awalnya diberi nama ”Twttr ”oleh penemunya, Jack Dorsey. Ia terinspirasi oleh nama Flickr yang menggunakan aplikasi web 2.0 untuk sharing file

Pada awalnya, twitter hanya digunakan untuk internal perusahaan Odeo. Baru setelah bulan Juli 2006, bermarkas di San Fransisko, layanan ini resmi diluncurkan ke publik.

Twitter, sesuai logonya, berarti kicauan burung. Aplikasi ini memanfaatkan keinginan orang menyampaikan informasi melalui jejaringnya. Makanya, jangan heran bila jumlah karakter yang diperbolehkan dalam mengupdate status hanya 140 karakter bebas. Inilah yang membedakannya dengan situs jejaring sosial lainnya , seperti facebook, yang mampu menampung lebih 420 karakter bebas. Selain itu, twitter juga sudah bisa melakukan upload foto melalui twitpic.

 Matikan BB itu bila berbicara denganku !!!

Black in News : Setiap kemajuan teknologi akan membawa konsekuensi negatif didalamnya. Ntah dimana ku baca kalimat itu, tapi pada kenyataannya aku merasakan hal itu benar. Sebut saja dunia maya.. bukan dunianya [luna] Maya ya...

Perkembangan teknologi yang memurahkan sarana distribusi data lewat internet ini menjadi salah satu pemicunya.

Sebut saja dunia chit-chat. Setelah heboh dengan IRC, ICQ, AIM, YM, Google Talk dan sejenisnya, kini jaringan sosial masuk melalui situs pertemanan seperti facebook, friendster, Google Buzz, Twitter dan lainnya. Ah semakin banyak saja luasan pertemanan yang bisa terjadi.

 Lantur yang tidak melantur

Black in News : Muhammad Lantur, begitulah dia memperkenalkan dirinya padaku.
Pria separuh baya ini, sudah menghabiskan separuh hidupnya di terminal bis, tempat dimana ku juga mulai menghabiskan tiga per empat waktu pagiku disana.
Ya, disinilah aku setiap pagi nongkrong sekitar 15 sampai 20 menit, menghirup udara karbon monoksida . Oughhhh… yaksss… yaksss

Kegemarannya mengisap djarum black dan sarapan burjo setiap pagi,membuat pria yang memiliki tinggi sekitar seratus tujuah puluh-an sentimeter, terlihat bugar sepanjang pagi. Dengan tinggi segitu, ku jadi mudah mencarinya, sekedar menanyakan nomor bis yang kutongkrongin, apakah sudah lewat atau belum. Walau namanya Lantur, tapi informasi mengenai kedatangan bis tidak pernah me-lantur. Nyaris mayoritas penghuni terminal, khususnya wanita pekerja, akan menghampiri beliau menanyakan bis mereka masing-masing. Bagiku, pak Lantur adalah pusat informasi terupdate seputar bis di terminal ini.

 Rock your body and soul

Hai sobers, para black community.
Gw mo ngasih tau nih, buat ente-ente yang kerja saban hari atau minimal 12 jam depan kompie. Udah saatnya ente-ente nyadar kalo gawe tanpa musik entu, it’s horor man….

Gw sih pasti kudu nyetel lagu. At least bikin suasana g hanya terdengar tuk-tik-tak-tik-tuk-tik-tak, suara keyboard doang.
Sereeeemmmmm ah without music ...

Klo bosan dengan em pe tri atau em pe for, kagak ade salahnye ente dengerin ntu yang namenye radio.
Sekarang ada situs yg nyediain beberapa radio laif striming (Radio Live streaming, red).
Kagak percaya? Coba aja klik di republik blogger ...

Tinggal pilih aje radio paporit ente, dengerin deh info terkini terutama jalur macet di Jakarte.
Ini penting banget buat ente, para Black Car Community atau Black Motor Community.

So, jangan lupe ye…
Keep rock your body and soul,
Und keep go green …….

 Tiger manusia?

Black in News : Setelah bungkam atas insiden 27 november 2009 yang mengarahkan Tiger Woods 34 tahun, pegolf nomor satu di dunia, akhirnya 19 februari 2010 ia membeberkan skandal seks yang dilakukan dengan sejumlah perempuan di media cetak ataupun elektronik. Tiger yang memiliki darah Thailand, China, dan Belanda ini meminta maaf atas tindakan tidak senonohnya dan menegaskan bahwa ia akan bermain sebagai pegolf profesional.

Cerita perselingkuhan Tiger dengan sejumlah perempuan mencuat di pemberitaan berbagai media di AS, tak lama setelah mobil SUV miliknya menabrak pohon di dekat rumahnya di Windermere, Florida, pada November 2009.

"Saya tidak setia, saya selingkuh. Apa yang telah saya lakukan itu tidak bisa diterima," ungkap Tiger saat jumpa pers terbatas di klub olahrga TPC Sawgrass, Ponte Vedra Beach, Florida, markas PGA Tour ini. Tanpa sesi tanya jawab dan tanpa kehadiran sang Istri, Elin Nordegren, ia mengajukan permintaan maafnya kepada keluarganya, fans, mitra kerja, dan para sponsor yang selama ini mendukungnya.

 nikah sirri dulu ah .....

Nikah sirri yang artinya sirri bersembunyi (dari bahasa arab) belakangan ini marak meramaikan headline portal-portal berita. Bagaimana tidak, pelaku nikah sirri di Indonesia yang jumlah ratusan ribu terancam kurungan penjara 6 bulan apabila tidak mendaftarkan pernikahan mereka ke KUA.

Sebenarnya anjuran pemerintah ini sangat baik, melindungi hak-hak istri dan anak (bila ada). Mereka sering menjadi korban apabila terjadi kasus perceraian.

Tingginya biaya mendaftarkan KUA dan persyaratan yang cukup banyak, merepotkan mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan menjadikan kelompok nikah sirri tetap ada”, ungkap salah satu reporter Metro TV.

 Cap 5 jari

Dalam kurun 2 minggu terakhir ini, my twit penuh dengan quote #tolakRPM

Tidak hanya di twit, info Black in News tidak kalah sengitnya membahas tentang hal ini.

Yah, sejak gw tidak memiliki akses ke tv, media social network dan news portal menjadi salah satu tujuanku mencari info. Itupun gw lebih sering mengakses berita pertama kali lewat twitter.

Oke, kembali ke #tolakRPM .
Simbol menggunakan warna merah dan kuning dengan cap 5 jari ini mengingatkanku pada logo serupa dengan logo yang kami pakai ditahun 2008 “reformasi untuk rakyat”.

Logo yang hanya cap jari berwarna merah putih ini, mampu mempersatukan elemen mahasiswa dari sabang sampai merauke, menuntut adanya reformasi kepemimpinan.

 Twitter for Mario Teguh, Go away


Black in News : Gw terperangah saat membaca subject email berjudul “KLARIFIKASI PENUTUPAN TWITTER ACCOUNT MarioTeguhMTGW”, padahal rasanya baru beberapa minggu sebelumnya gw dikabari bahwa Mario Teguh memiliki akun di twitter.

Tak sempat gw follow bapak Mario Teguh, beliau sudah memutuskan hengkang dari dunia micro blogging ini.
Selidik punya selidik, setelah memperoleh konfirmasi dari salah seorang yang membantu MT, singkatan untuk Mario Teguh, memoderasi kegiatannya barulah saya memaklumi kenapa MT memutuskan hubungannya dengan twitter.

Kebijakan twitter membatasi status seperti pesan singkat, hanya 160 karakter bebas, menyebabkan penggalan informasi “wanita yang pas untuk teman pesta, clubbing begadang sampai pagi, chitchat snop, merokok dan kadang mabuk, tidak mungkin direncanakan jadi istri'.”menuai kekisruhan bagi para followers yang tidak menyimak dari awal.

 yang menjadikan DOA TERJAWAB

ilustrasi dari internet

oleh MARIO TEGUH SUPER NOTE

Sahabat saya yang baik hatinya,

Tuhan Yang Maha Kaya adalah juga Yang Maha Mendengar, yang sudah tentu berarti bahwa Dia telah mendengar doa, harapan, dan permintaan-perminta an kita – bahkan jauh sebelum kelahiran kita.

Sehingga, sebetulnya – bukan banyaknya jumlah permintaan kita dan bukan besarnya jumlah perkalian dalam mengulangi doa, yang menjadikan permintaan kita didengar dan dikabulkan.

Karena Maha Besar-nya kekuasaan Tuhan, sebetulnya – jika memang diperlukan, hanya dibutuhkan satu helaan pendek dari nafas yang penuh harapan, untuk memulai pencurahan berkah kesehatan, hati yang damai, keluarga yang indah, kekayaan yang meruah, kekuasaan yang menggelegar, dan nama baik yang hidup terus sepeninggal kita.

Tuhan tidak membutuhkan pemberitahuan berulang-ulang dan berlarut-larut mengenai yang kita pikir kita perlukan, karena Beliau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui, termasuk mengetahui bahwa yang kita minta adalah bukan yang kita butuhkan.

 Kemeriahan si tipi wan

In Black in News : Ada yang menarik saat gw melihat acara kabar siang TV-one hari ini.
Yang menarik bukan kabar berita yang disampaikan. Menurutku sih beritanya biasa-biasa saja.
Melainkan yang menarik adalah para pembaca beritanya, alias newsreader.

Gimana tidak menarik, tv-one kali ini menghadirkan para tokoh politisi, tokoh budaya, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, pejabat publik yang ’sedang disidik’, atlit, pelawak hingga artis untuk menjadi newsreader.

Berita yang dibawanya pun terkadang berisikan informasi tentang kegiatan mereka sendiri, dan ini ditimpali oleh newsreader lain.

Well, I think it’s a good concept dalam memeriahkan ultahnya bang One, yang didaulat sebagai salah satu ikon stasiun tv ini. Ide ini lumayan mengendorkan urat syaraf gw, melepas ketegangan dari berita-berita yang memusingkan belakangan ini seperti century, tolak RPM, nikah Siri, banjir bandang, ataupun tindakan kriminal lainnya dengan menghadirkan mereka yang terkadang menjadi sumber berita.

Tapi dibalik kemeriahan ini, gw berharap agar media televisi Indonesia berusaha menampilkan informasi yang edukatif, menghindari cara-cara adu domba atau memancing jawaban dengan pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan.

Atau terkadang perlu juga kah melihat psikologis seseorang saat didera pertanyaan yang menyudutkan?

mmmmm... jadi ingat neng LM dengan kasus "infotemen"nya

well, met ultah tipi one, maju dunia pers indonesia !!!


Gw raih handuk mandi disampingku sambil mematikan djarum black, bergegas untuk menghabiskan sore ini bersama mereka.

 Black Generation

Black Generation, nama yang kuberikan pada mereka yang menikmati kuliah di tahun 2ribuan.
Generasi yang sangat beruntung dibandingkan generasiku yang 90-an.
Bagaimana tidak? Kegiatan inovasi mereka mendapat dukungan dari banyak pihak.
Tidak hanya banjirnya dana riset dan bertambah baiknya fasilitas yang mereka peroleh di kampus ini.

Ah, Black Generation ......

Dua orang adik bimbinganku dikampus begitu semangat ketika mereka dengan antusiasnya menceritakan ketertarikan mereka saat melihat acara ”Blackinnovationawards goes to campus”. Acara yang digagas oleh Djarum Black sejak tahun 2008 ini menantang generasi muda berusia 18-35 tahun, berani mempublikasikan ide kreatif mereka melalui ajang kompetisi.

Tahun 2010 ini kegiatan BIA, singkatan dari "Black Innovation Award" telah dimulai.
Sayang sekali usiaku tak masuk kategori peserta ini. sad
Tapi tidak untuk dua orang adikku ini, Erry dan Opank. Sejak kenal mereka 1 tahun lalu, bibit-bibit kreatif mereka sudah terlihat. Tak jarang setiap event yang kuhadiri dikampus dan melibatkan mereka, pasti sentuhan artistik dekorasinya adalah sentuhan mereka.

Kusemangati mereka agar tidak fokus pada kemenangan yang diraih, melainkan fokus pada proses 'penciptaannya’.
Mengenal dan bergabung dengan komunitas-komunitas inventor itu jauh lebih menarik daripada sekedar kemenangan 160 jutanya.
Kemenangan hanyalah pengikut dikala mereka berkomitmen melakukan terbaik dalam karyanya.

Adik-adikku, selamat berjuang ya....

Dont worry, i'll pray and vote for you.

"Dedicate to 'em who believe that being a pioneer is better than the follower"

 Kupenuhi janjimu ....

Tak jemu kupandangi wajah di wallpaper macbook pro 13” - ku. Ya, sejak hobi memotret kutekuni 4 tahun silam, kumemilih menggunakan brand komputer dengan apel tergigit ini dalam mengolah data digitalku.

Bertambah satu wajah yang menjadi penyemangat dalam hidupku. Usahaku bersama Dimas menghadirkannya di dunia penuh panggung sandiwara ini tidaklah mudah. Kami memberinya nama Radhityo Eka Nasution.

Tyo kecilku harus kutinggal dirumah untuk urusan seminar di negara singapura. Hanya 2 hari disana, rasanya rindu memeluknya sudah menusuk hingga ketulangku.
Sayang sekali dia belum bisa berbicara, hanya foto ini yang mampu mengobati rasa rinduku.

Hadirnya Tyo berkat kasus Sissy yang kutangani. Aku akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari dunia akademisi dan memilih mendampingi Dimas. Walau Sissy berhasil memegang janjinya padaku, tapi sejak Noah tinggal bersamaku selama satu minggu, ku jadi memahami, apa yang sebenarnya kubutuhkan. (baca disini mengenai Sissy).

Sambil menunggu waktu boarding, di ruang executive lounge kunikmati expresso dan 1 buah sweet cookie sambil menyelesaikan bahan presentasiku agar terlihat lebih sempurna.

Dari balik monitorku, sesosok pria duduk tepat berada 45 derajat dari arah monitorku. Jarak kami hanya terpisah 4 buah kursi panjang, tak lebih dari 10 meter, tapi bisa kucium aroma djarum black menthol yang dihirupnya. Hmm, apa exhaust ruangan ini tidak berfungsi ya hingga aroma rokoknya bisa sampai kesini?
Pria dengan pakaian casual menggunakan topi hitam bertuliskan ”black community” rupanya sedang asik memainkan BB-nya. Postur tubuhnya yang atletis, terlihat jelas dia terbiasa menggerakkan badannya.

”Sayang, ayah janji tidak akan lama meninggalkanmu. Sekembali dari bisnis di Singapur ayah akan temanin Keikei bermain dan belajar ya ”

Pembicaraan yang mesra antara ayah dan anak.
Hmmm... suatu saat aku dan Tyo akan seperti ini. Kuraih gelas expressoku mendekati pria ini untuk mengisi kembali isi gelasku.

”Mama sudah pulang Keikei? Ya sudah, kalau belum Keikei makan dulu ya. Jangan lupa mandi dan tidur siangnya sayang. Nanti pulang , ayah bawakan hadiah buat Keikei ”, jawabnya dengan nada mesra.

Hmm... Keikei... nama ini mengaitkan pada sesosok nama pria, Barry. Apakah ini pria yang sama yang kukenal melalui dunia internet?

Sepanjang menuangkan racikan expresso, aku lebih memperhatikan pria yang sekarang berjarak dua meter disampingku ini. Dari jarak ini, tercium fragrance yang kukenali, CK man. Dia pandai merawat dirinya, terlihat dari wajahnya yang bersih, dengan bekas balutan kumis dan janggut yang baru dipotong. He looks cute.

Mungkinkah ini Barry?
Bagaimana cara aku mengetahui inilah dia, Barry?
Pria yang berjanji akan menemuiku 2 tahun sejak ia membatalkan janjinya dahulu. (baca disini)
Aku juga sudah kehilangan kontak dengannya sejak hapeku hilang. Hanya alamat email yang kupunya....
Ahaaaa... ini dia, alamat emailnya.

Kulihat jam silver ditanganku, ”okay, aku masih punya waktu 5 menit untuk menulis email untuknya, bila dia my Barry, maka saat ini juga aku bisa melihat ekspresinya dari sini”.

Hai Barry,
Semoga alamat imel ini masih kamu gunakan
Kaget ya, terima emailku
Bagaimana kabar Keikei? Mestinya gadis kecilmu sudah mulai bermain di kindergarten. Dia pasti sangat cantik

Barry, maaf aku tidak menghubungi kamu sejak pembatalan pertemuan waktu itu.
Kupikir menunggu 2 tahun untuk bertemumu bukan waktu yang lama.
Dan tanpa dinyana, ku tak perlu menunggu waktu selama itu.
Tadinya ku ingin menyapamu, tapi tak jadi saya lakukan.
Karena kubiarkan janjimu padaku tetap kamu penuhi ...
Artinya 3 bulan lagi kamu akan menghubungiku kan? kedip

Btw, Saranku, kamu akan terlihat lebih casual lagi bila menggunakan sepatu kats dibandingkan pantofel.
Atau bila ingin terlihat sebagai businessman, semoga kamu tak lupa membawa jas dalam tasmu.

Oh yeah, for you next trip to Singapore, don’t forget to take Keikei to see Universal Studio there.
She’ll love this place.

Okay Barry, I’ll see you in next 3 months and love your fragrance CK man.

~ Raya ~

- message is sent –

Ku menghitung mundur dari 10 … 9 … 8 … 7…. 6.. 5… 4… 3… 2… 1…
Oughhhhh, pria didepan itu tidak membuka Bbnya. Hmm.. so I do something stupid.

“ Kepada para penumpang Garuda dengan nomor penerbangan GA 830 tujuan Singapore, Anda dipersilahkan memasuki ruangan tunggu. Dear passengger Garuda Indonesia Airways …………………. “

That’s my flight. Kumatikan laptop dan melupakan apa yang baru saja terjadi.

Tiba-tiba pria misterius yang dari tadi kuamati, tersentak. Dia berdiri mendadak, memainkan dengan cepat keypad BBnya. Ntah apa yang ditulisnya, tetapi sesuatu yang sangat penting.
Rupanya aku duduk berdampingan dengannya. Dia di 2B, dan aku di seat 2A.
Aku memilih berada di dekat jendela agar bisa menikmati pemandangan saat landing nanti.
Yaaa... aku suka melihat sebuah kota dari atas pesawat.

Masih sempat terlintas dalam benakku, bila nanti kami harus berkenalan dan dia menyebutkan nama Barry,
Hmmm... nama apa yang harus kukatakan ya?

Sesuai aturan penerbangan internasional, maka seluruh alat eltrnok yang memancarkan gelombang ataupun dapat mengganggu navigasi penerbangan harus dimatikan.

Kuraih Onyx-ku yang terbungkus leather case berwarna putih,
Kulihat 2 logo email masuk di Onyxku, dan kubuka salah satu email

Dear Raya,
U’re really suprised me.
Are you the same flight with me now?

Barry

Oh my God,
Ku tersenyum lebar sambil menatap ke luar jendela, ”kutahu peran apa yang harus kulakukan sekarang ..... ” love struck

 mengapa harus saya?

Masalah Sissy benar-benar menguras energiku. Tidak hanya pikiranku, tapi juga emosiku. Yaa .... Sissy, mahasiswa yang terancam drop-out ini nasibnya ada ditanganku. Ya Tuhan, kenapa harus aku yang putuskan?
Akhirnya surat resmi pun kulayangkan padanya. ”Amira Sissy Wiryawan is scheduled to meet with Dr. Aisyah Raya Melati, Thursday , 21 April, 8.30am ”

Tok...tok...

” Ya silahkan masuk ”...

” Selamat pagi Ibu Raya, saya Amira Sissy, saya terima surat panggilan dari Ibu dan harus bertemu dengan Ibu hari ini”, sahut gadis berkulit bersih dengan rambut terurai sepundak.

Penampilannya yang jauh dari kebanyakan gaya anak teknik. Sissy terlihat lebih feminim. Wajahnya yang oval, dengan bibir tipisnya, ditambah dengan polesan tipis lipstik glossi yang senada dengan warna bibirnya yang kemerahan. Sungguh cantik gadis ini. Sepantasnya dia tidak di Teknik Mesin, melainkan di jurusan psikologi ataupun kedokteran. Sayang sekali rasanya bila melihat tangan putihnya yang terawat itu, kotor oleh oli.

”Oh Sissy, Ya, saya Raya. silahkan duduk”.

Rasanya, saya terdiam selama 3 detik.

Unbeliavable, gadis semanis ini harus drop out dari kampus yang menjadi incaran banyak pelajar sekolat tingkat atas. Apa yang sedang dia alami? Padahal tak tampak wajah stress diwajahnya”, gumanku dalam hati.

”Sissy, saya senang Anda bisa menemui saya hari ini. Apa kabarnya? ”, tanyaku mencoba mencairkan suasana.

” Baik bu, hari ini saya lebih baik dari kemarin ”, sahutnya.

” Oke Sissy, karena waktu saya hanya sampai jam sembilan sedangkan banyak hal yang ingin saya ketahui dari Anda, maka diskusi ini langsung saya arahkan ke inti pertemuan ini. Saya memanggil Anda terkait dengan keputusan rektor untuk mengeluarkan Anda dari kampus ini. Pihak kampus melihat ketidak seriusan Anda menyelesaikan studi di semester ini. Sehingga, sulit rasanya Anda bisa mengejar di sisa waktu 1 tahun ini dengan 40 SKS termasuk skripsi. Kendala lainnya adalah IPK Anda dibawah 2,2. Sissy, ada apa sebenarnya?”, tatapku mencari jawaban di mata bulatnya itu.

Mata itu hanya bisa tertunduk.

”Bu Raya, tolong jangan drop out saya. Beri saya kesempatan mengejar di 1 tahun ini, walau saya mengetahui aturan kampus yang tidak mungkin memberikan SKS per semester lebih dari 20 sks dimana ada 1 praktikum yang belum saya selesaikan. Tapi percayalah bu, saya bisa menyelesaikan kuliah ini Bu”.

”Sissy, tolong Anda sampaikan ke saya alasan nilai IPK Anda terjun bebas dari 3,6 menjadi 2,2 ini. Melihat track record kamu yang cukup aktif di organisasi kemahasiswaan, rasanya saya belum mendengarkan alasan yang membuat saya perlu membantu Anda. Sissy, ada apa sebenarnya? Mengapa kamu menghilang selama 1 semester ini, padahal semester inilah yang menentukan kamu bisa melanjutkan 1 tahun berikutnya?”.

”Maaf Ibu, saya tidak bisa menjelaskan lebih dari ini. Bila Ibu ingin membantu saya, beri saya waktu hingga tahun ini. Saya akan selesaikan kekurangan jenjang pendidikan saya bu. Tolong percaya saya pada Bu. Hanya Ibu Raya satu-satunya harapan saya sekarang”, ibanya.

”Sissy, maaf sekali sayang, tanpa penjelasan lebih detail , saya tidak bisa membantu. Saya akan mencoba memudahkan agar Anda tetap bisa melanjutkan ke universitas swasta dengan transfer nilai. Bagaimana? ”

”Tidak bisa Bu, saya harus tamat dari kampus ini. Tolonglah Bu..... ”.

”Ini bantuan maksimal yang bisa Saya berikan Sissy, oke, waktunya sudah jam sembilan. Bila masih ada yang ingin disampaikan saya ada diruangan ini setelah jam 1 pi em”.

Kutinggalkan gadis yang terduduk lesu , yang sedang mencoba agar airmatanya tidak terurai satu-persatu.

”Malam Bu Raya, saya Kiran Bu, sekuriti kampus. Maaf Bu, terpaksa menelpon Ibu subuh begini. Barusan kami terima telpon RS Andi Makassau, ada mahasiswi bernama Amira Sissy mencoba bunuh diri, dan nyawanya bisa tertolong. Hanya dia mau dijenguk oleh Ibu Raya. Apa Ibu kenal dengan mahasiswi tersebut?”, kata suara serak yang bernama Tukiran tersebut.

”Betul pak Kiran, dia mahasiswa kampus ini. Bisa sebutkan nomor kamarnya? Saya akan kesana setelah bada’ subuh ini”. Pak Tukiran, pegawai sekuriti ini mudah sekali kuingat karena dia bergabung di Black Motor Community. Kami sering berpapasan disore hari menjelang pulang kantor, sedangkan ia melakukan tugas rutinnya, mengecek keamanan kampus.

15 menit sudah aku diruang bernuansa biru muda ini. Kuperhatikan wajah yang terkulai lemah. Beda sekali dengan wajah yang kulihat saat pintu ruanganku terbuka.

"Mengapa Sissy? Mengapa saya yang kamu panggil .....?", tanyaku dalam hati.

”Bu Raya, apakah anda Bu Raya ?”, lirih suara yang nyaris tak terdengar olehku.
”Iya Si, saya sudah disini ”.
Kupegang erat tangannya, menguatkan hati dan jiwa yang merapuh.

“Maaf bu, merepotkan ibu pagi-pagi begini .... karena hanya ibu yang bisa saya mintai pertolongan.”
“Pertolongan apa Si?”, tanyaku.

Tangannya mencoba meraih bel di samping kanan kepalanya.. ” Tingggg... Tinggggggg”

”Kenapa Si, semua ini kamu lakukan? ”

Sissy hanya tersenyum lirih dan berkata ” Ini hanya keputus-asaan yang tak bisa kutemukan jawabnya Bu. Tapi alhamdulillah, semalam saya ditunjukkan Allah caranya. Saya memang harus menceritakan semuanya pada Ibu”.

”Selamat pagi bu Sissy, ini saya bawakan Noah. Tapi dia masih tidur bu... ”, sahut seorang suster berpakaian hijau pastel.
”Bu Raya, kenalkan ini Noah, anak saya yang berusia 3 bulan ”.

”Hahhhh? Sissy punya anak? Apa ini yang menyebabkan dia absen hampir 1 tahun lebih?”, pikirku dalam hati.

Bayi mungil yang masih terlihat kemerahan ini begitu mungil. Dibalut kain berwarna putih, tanganku terbungkus rapi oleh sarung mungil berwarna biru... Masya Allah, semuanya serba mungil ....

Mata kecil Noah yang tadinya terkatup, terbuka sesaat.
Menatapku ... berkedip perlahan ... berkedip perlahan lalu terkatup kembali ....
Mata ini ....
mata makhluk-makluk tak berdosa,
Mata yang selalu kurindukan hadirnya diantara aku dan Dimas.

Ntah mengapa saat ia kuletakkan di tanganku, ada rasa sayang yang begitu mendalam padanya.

”Sissy, putramu sangat gagah. Pasti seperti ayahnya ya ”.
Sissy hanya membalikkan wajahnya, menatap dingin ke arah luar jendela kamarnya. Dari arahku, kubisa melihat air kristal terurai dari sudut matanya, menahan sesuatu yang pasti sakit baginya.

Tanpa dia ucapkan, kubisa rasakan sesuatu yang menghimpitnya hingga tindakan suicide ini dipilihnya.

2 jam sudah berlalu .......

” Maaf Sissy, saya tidak bisa tinggal berlama-lama disini. Saya akan usahakan sebisa kemampuan saya. Insya Allah ada jalan keluarnya. Tolong kamu konsentrasi atas kesembuhanmu, and dear Sissy, please.. stop smoking when u still do breast feeding and don’t put Djarum Black Slim in your bag.”

“Pagi mba Rika, maaf apa saya bisa disisipkan bertemu dengan Pak Andi? Maaf, saya mendadak minta jadwalnya Mba. Ada yang hal penting yang harus saya sampaikan”, tanyaku pada sekretaris Rektor.

”Sebentar ya bu, saya cek sebentar jadwal bapak. Bu Raya, tampaknya bapak ada waktu kosong 15 menit sebelum meeting jam 10 ini. Apa waktu ini cukup buat Ibu?”, tanya gadis berambut ikal dengan lesung dikedua pipinya.

”Cukup Mba Rika, apa saya bisa masuk?”

”Bisa bu, Bapak sudah menunggu didalam ”.

Waktu 15 menit terasa lama bagiku. Rasanya, belum pernah aku melakukan perbincangan singkat ini, tetapi membuat lututku sangat lemas. Kututup pintu ruangan Rektor dari luar dan melangkah dengan mantap. Rasanya pertaruhanku hari ini akan mengubah diriku dalam waktu singkat. Perbincanganku dengan Pak Andi membuatku sadar, tanggung jawab sebagai wakil rektor bidang kemahasiswaan tidaklah sebatas mengurusi kegiatan mahasiswa.

Sambil berjalan keluar, kuucapkan ” Makasih yang mba Rika sudah membantu saya. Jaga dirimu baik-baik, dan terus belajar memperbaiki diri ya .....”

”Sama-sama Bu Raya, dan selamat atas kelahiran bayinya Bu .... ”

Hmmmm..... thinking

 cinta sendiri

Tak terasa pernikahanku sudah beranjak tahun ke-5, dan kehamilan yang kutunggu pun belum juga berbuah manis.
Kerinduan kami terhadap hadirnya buah hati membuatku keranjingan mengikuti milis seputar masalah bayi dan anak. Disinilah awal ku berkenalan dengan seorang ayah yang bernama Barry.

Barry, seorang pria yang memiliki putri berusia 3 tahun, rupanya sangat concern dengan kesejahteraan anak semata wayangnya itu. Apapun ia lakukan agar rasa keingintahuan Keikei, begitu panggilannya, terjawab dengan baik.

Saya masih mengingat dengan baik ketika membaca tulisannya di milis "bagaimana cara membujuk seorang balita untuk makan ataupun tidur siang". Sempat terpikir olehku, kemana sang Bunda? Hingga harus sang Ayah yang merawatnya. Rupanya istrinya merupakan wanita karir yang bekerja sebagai salah satu general manager di perusahaan multinasional, sedangkan Barry sendiri memilih keluar dari pekerjaannya sebagai senior engineer di perusahaan tambang dan memilih mengikuti sang istri hijrah ke ibukota Jakarta. Beruntung Barry memiliki hobi memasak karena dari hobinya inilah, dia sekarang memiliki usaha katering yang berkembang dengan pesat. Bisnisnya pun dia kendalikan dari rumah mewahnya di kawasan Menteng.

Sekarang ku paham, mengapa dia yang lebih banyak mengurus Keikei dibandingkan sang Bunda. Mungkinkah ini resiko memiliki pasangan yang juga berkarir? Ah.. ntah lah. Aku tak bisa menjawabnya karena memiliki anak pun, aku belum mendapatkan kesempatan itu.

Singkat cerita, jalinan pertemanan antara aku dan Barry berlanjut lewat electronic mail (email). Banyak hal yang kami sharing, mulai dari urusan Keikei, kebiasaan masing-masing, hingga masalah pekerjaan. Aku sampai mengetahui yang Barry sukai yaitu sate buntel dan djarum black menthol. Untuk yang terakhir ini, baginya inilah soulmatenya. Ah.. pria, tak bisa kupahami mengapa dia tergila-gila dengan djarum black ini.

Komunikasi kami yang begitu intens,via email, chatting, sms-an, ataupun telpon membuat kami berdua saling memahami keadaan masing-masing. Terkadang Barry membantuku menuliskan resep masakan favoritnya, ataupun memanduku memasak lewat telepon. Dari Barry lah, aku mengetahui resep masakan Scandinavia , Smorrerbroad, yang berwujud open sandwich dengan paduan memadukan roti gandum hitam, daging herring, keju,sayuran, ditambah telur rebus. Menu sarapan siang yang mengenyangkan bagiku. Makin lama, komunikasi kami berlanjut mmembahas tentang kondisi pasangan masing-masing. Bahkan Barry menyarankan aku untuk mengurangi kesibukan sebagai wanita karir, dan memberi waktu yang lebih banyak dengan pasanganku,Dimas.

Dimas, pria yang kukenal 7 tahun lalu ini, akhirnya kupilih menjadi pendampingku. Sikapnya yang sederhana, lembut dan sabar membuatku bertekuk lulut ketika ia melamarku.Yaah.. baru kusadari kesibukan Dimas sejak ia dipindahkan ke Jakarta membuat nya harus bolak balik Jakarta – Makassar. Ini mungkin [terpaksa] ia lakukan untuk menjaga kuantitas pertemuan denganku tidak berkurang. Walau tak terucap, sering kulihat wajah letih yang berusaha ia sembunyikan. Sayang sekali, aku belum juga mengambil keputusan mengikuti Dimas ke Jakarta, karena tugasku sebagai wakil rektor di salah satu universitas negeri di Makassar ini tidak bisa kutinggalkan begitu saja karena meninggalkan karir ini, rasanya tak mungkin kulakukan. Kecintaanku pada dunia pendidikan menyebabkan aku mengabdi sepenuhnya di kampus ini. Keterikatan emosional ku dengan univesitas ini ternyata mengalahkan rasa sayangku pada Dimas. Bersalah rasanya ....
4 bulan sudah aku mengenal Barry dan Keikei, aku seperti merasa mengenal mereka sudah bertahun-tahun. Intensnya komunikasi antar kami terkadang meyebabkan kerinduan bertemu mereka berdua. Hingga suatu saat, ketika aku pergi ke Jakarta, aku mengajak bertemu mereka. Aku mengundang mereka untuk makan malam bersama Dimas disalah satu resto di Grand Indonesia. Sambil menunggu kedatangan mereka, aku menceritakan lebih detail pada Dimas, siapa Barry dan Keikei.

Tiba-tiba terdengar suara pria bertanya, ”Maaf apa Anda ibu Raya?”
”Iya saya sendiri, ibu Raya. Anda siapa?”, sahutku.

”Saya Iwan, karyawan pak Barry. Beliau menyampaikan permohonan maaf karena mendadak tidak bisa menghadiri undangan Ibu”

”Loh, kenapa tidak bisa datang? Apakah ada masalah dengan Keikei atau hal lainnya?”

”Tadi sore pak Barry mendadak harus ke kota Semarang, sehingga ia menyampaikan pesan ke saya untuk menemui ibu di tempat ini ”.

”Oh, baiklah bila begitu keadaannya. Terimakasih atas informasinya ya mas Iwan”.

Akhirnya makan malam ini saya lalui bersama Dimas.

Esok malamnya, aku menghubungi Barry via sms atau pun telepon. Tapi tak ada respon.
Ada apa dengan Barry? 3 hari aku menunggu, dia seperti hilang ditelan ombak.
Akhirnya kuputuskan mengirimkannya imel, menanyakan mengapa ia tak menerima undanganku.

3 bulan berlalu sudah.

Kesibukanku sebagai wakil rektor bidang kemahasiswaan, benar-benar menyita waktu keseharianku. Terutama apabila banyak kasus mahasiswa yang bermasalah. Isi mailboxku bisa-bisa penuh dari permohonan mahasiswa agar tidak di drop out dari kampus ini. Mataku begitu liar membaca sender list, nama yang tak kukenal langsung tersortir untuk di delete. Tiba-tiba mata ini terhenti disatu nama Barry Tedjokusumo , subject : none. Perlahan kuarahkan mouse ke arah email ini. Klik kiri ....
Dear Raya,
Kamu pasti marah dengan pembatalanku diundangan kamu dan suamimu. Tapi tolong, dengarkan penjelasan singkatku ini. Perbincangan kita sejak awal bertemu hingga beberapa bulan setelahnya membuat timbulnya perasaan yang lain dalam diriku. Saya sadar, bahwa ini tidak lah mungkin untuk disimpan. Tadinya saya pikir, bertemu kamu dan suamimu, tidak mengapa. Toh tidak ada yang salah bila kita kopi darat. Tapi rupanya, aku takut perasaanku ini bisa terbaca olehmu atau oleh suamimu.
Raya,
Saya tahu seberapa besar rasa sayang kamu ke suamimu, tapi saya tidak bisa menolak hadirnya rasa sayang ini padamu.
Mencintaimu seperti mencintai sebuah bayangan, seperti lagu yang kukirimkan ini padamu.

Raya,
Bila dirimu masih berkenan, saya akan temui kamu, 2 tahun dari sekarang. Saat itulah saya siap menemuimu.

~ Barry ~

Aku hanya bisa tertegun .... to be continue

 Mencintai sebuah bayangan

Menyentuhmu seperti berjalan dengan menunduk
Hanya bisa membayangkan kamu menatapku,

Mendengarmu seperti berjalan dengan menunduk
Hanya bisa merasakan suara tanpa melihatmu

Mendekapmu seperti berjalan dengan menunduk
Hanya bisa merasakan, hadirmu disetiap mimpiku,

Mencintaimu seperti berjalan dengan menunduk
Hanya bisa mendengar langkahmu disampingku,


Terkadang, kau katakan rindu padaku ...
Terkadang, kau ucapkan sayang padaku ....
Terkadang, kau ungkapkan cinta padaku ....

 seringnya ku KECEWA kan kamu

Aku tau Rabb,
Kamu akan kecewa padaku
Pada hambamu yang telah kau titipkan raga yang sempurna ini
Pada hambamu yang telah kau titipkan pikiran
Pada hambamu yang telah kau titipkan rohMu

Aku tau ya Rabb,
Tak hanya dirimu yang ku kecewakan.
Terkadang juga pada hamba-hambamu yang lain
Bahkan terkadang ku kecewakan diriku sendiri.
Kadang pula aku terpaksa menipu mereka dan diriku…
Ntah untuk kepentingan apa, hal itu kulakukan.
Semuanya terkadang terjadi begitu saja.

Dan belum sempat kujelaskan alasannya, tiba-tiba semua tertumpah menjadi kesalahanku.

 tanaman pengusir NYAMUK

Black in News: Para Sober Black Community, Tahu tidak? Belakangan ini wabah demam berdarah dengue (DBD) kembali merebak di beberapa daerah. DBD adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan virus dengue*terutama menyerang anak-anak. Tanda-tandanya antara lain demam tinggi mendadak, dengan manifestasi perdarahan dan bertendensi menimbulkan syok dan kematian. Pemberantasan nyamuk biasanya dengan menggunakan insektisida sintesis sebagai racun serangga, entah itu obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, maupun obat antinyamuk yang dioleskan, yang tentu saja mengandung senyawa kimia.

Selain obat nyamuk yang banyak dijual, ada pula tanaman antinyamuk yang lebih aman. Beberapa di antaranya tanaman zodia, geranium, lavender, dan serai wangi. Mau tahu kayak apa tanaman itu?

GERANIUM

Kalau zodia lebih banyak ditanam di dalam pot, maka geranium lazim ditanam outdoor, meskipun cara penggunaannya sama, yakni dengan menggoyang-goyang helaian daun, atau tertiup oleh angin maupun kipas angin, lalu keluar bau wangi yang khas (agak langu). Bau tersebut berasal dari kandungan yang dimiliki geranium, yakni zat citronella. Nah, citronella inilah yang mampu mengusir nyamuk.

Tanaman geranium (Pelargonium citrosa) tumbuh merumpun, banyak anakan. Daunnya hijau, berbentuk menjangkar (menyerupai jangkar), tepi daun bergerigi. Batangnya banyak mengandung air. Lazimnya diperbanyak dengan menggunakan stek anakan.

Tanaman geranium sekurang-kurangnya memiliki tiga varian, yakni Citrosa mosquito fighter, Cirosa queen of lemon, dan Citrosa lady diana. Citrosa mosquito fighter dulu-dulunya cukup mudah ditemukan di kawasan sekitar Bandung dan Sukabumi. Tumbuh liar di seputar sawah dan digunakan oleh orang-orang kampung. Daunnya diambil lalu diselipkan di antara pakaian dalam almari. Khasiatnya mampu mengusir nyamuk dan ngengat, juga memberikan aroma khas. Sekarang, tanaman ini kembali diburu orang, terlebih di zaman dimana pola hidup "kembali ke alam" makin ngetren.

 reading, writing and sleeping

Membaca, menulis dan tidur.
Ketiganya merupakan aktivitas yang gw doyani.
Bahkan untuk kegiatan terakhir, gw bisa melakukannya lebih dari 8 jam sehari Terlalu ....big grin

Tetapi sejak gw kembali menjadi skilled labour (jiahhhh ngakunya knowledge)batting eyelashes,ketiganya menjadi tak beraturan kulakukan.

Wiken pun tidak menjadi jaminan bahwa kubisa melakukan ketiganya.
Langkah terakhir terpaksa kutempuh, mencuri waktu (bahasa lain dari optimalisasi waktu).
Bayangkan, dari 24 jam waktu yang kupunya, 5-6 jam kan kuhabiskan sambil mengukur panjangnya perjalanan. Tidurpun tinggal 3-4 jam sehari. Waktu yang bisa kupakai adalah 5-6 jam itu.

 Aku adalah Langit


Aku bukanlah kupu-kupu yang mewarnai dunia dengan usia pendeknya ....
Aku juga bukan lah pelangi, yang muncul sesaat diantara hujan dan matahari .....
Aku juga bukanlah peri yang hanya menggoyangkan tongkat emasnya untuk berubah cepat .....

Aku adalah langit, yang membentang luas dan bebas ke segala arah, hingga dapat kau lihat dengan mudah kemana saja kau menengadah ...
Aku adalah langit, yang mempunyai kewajiban memberi tanda kepadamu .....
Aku adalah langit,dimana kau bisa melihat diriku apa adanya , karena tak ada yang kusembunyikan ....
Dan aku adalah langit yang kamu harus gapai bila ingin menjulang tinggi...
Seperti itulah aku melihat dirimu .....

 what happens next ?

Finally, I managed to complete the change of my blog display after last week I wrestled with xml syntax.
Why i choose black background? well, no special reason...
From white to black .... just like Yin and Yang
Well, I need more effort to have this new style, seems it's not easy for me 'coz I had left the world of scripts for a long time.

Replacement my blog model is clearly a purpose and spur me to write again, especially since a friend willing to lend a book how to write. Thanks tugi.

So, what happens next?
We will see how I could beat my laziness return to the world of writing.

OMG, do not break my spirit of this runs low .happy

Let's generate your spirit, young lady ....

Habis gelap terbitlah terang
Habis terang datangla gelap

 

© 2009-2016 Copyright N.Hirany. All Rights Reserved.

created by e.n.h.a ~ credits