Quote today : "When you're committed to something, you must really do it, whatever it takes, you accept no excuses, only results. That is commitment.”

 Bijak dalam menggunakan broadcast pesan di Blackberry

Siapa yang tidak kenal blackberry (BB). Logo dengan simbol seperti jejak 7 jari ini mulai populer dalam 5 tahun terakhir menggeser gadget komunikatornya nokia.
Tentunya fasilitas yang ada di BB dan harga yang semakin terjangkau menyebabkan peminat BB semakin merajalela. Sehingga segala usia sekarang bisa menggunakannya. Bahkan tidak jarang orang tua membelikan gadget ini agar mudah memantau anak mereka walaupun usianya masih dibawah belasan tahun.



BB pun semakin populer dikalangan penggunanya terutama dengan adanya pesan broadcast messenger. Satu informasi bisa dikirim ke seluruh kontak. Tapi justru fasilitas ini lah yang paling saya benci saat ini.
How come?
Bayangin saja, tiap hari saya bisa menerima 10-20 broadcast yang kadang infonya sama sekali tidak penting, menurut saya. Tetapi apa mau dikata, saya tidak bisa memblokir broadcast tersebut.

Maka saya ingin sharing bagaimana cara santun dalam broadcast.

  1. Perhatikan informasi apa yang ingin di broadcast.
  2. Pada saat anda akan mem-broadcast pesan itu, jangan di select "all". Pilih teman yang sekiranya. Lebih bijak lagi bila daftar contact anda dibuat kategori, sehingga bisa memilih berdasarkan kategorinya.
  3. Ingat, semakin banyak anda membroadcast satu pesan maka makin memberatkan sistem kerja server RIM, karena seluruh informasi selalu melalui server tersebut. Dan yang paling utama, teman yang tidak membutuhkan info itu makin bete. *curcol*
Bagaimana dengan yang menerima broadcast nyepam itu? Biasanya saya melakukannya dengan cara ini :
  1. Mereply pesan dengan menegur contact tersebut agar informasinya jangan di broadcast ke saya.
  2. Bila itu terulang lagi, langsung di remove sajaaaaaaa hehehe...
So, bijak ya sob... menggunakan teknologi.


0 comments:

Post a Comment

dear sahabat ....
thanks to respond my article in "It's my World". Hopefully, your feedback can make the contents of this site more meaningful. Sincerely, - nhirany -

 

© 2009-2016 Copyright N.Hirany. All Rights Reserved.

created by e.n.h.a ~ credits