Quote today : "When you're committed to something, you must really do it, whatever it takes, you accept no excuses, only results. That is commitment.”

 Install Modem E156G di MacBook Pro

Sejak memutuskan hijrah OS dari Microsoft ke Macintosh, banyak hal yang membuat saya pusing tujuh keliling. Salah satunya mengaktifkan modem Huawei tipe E156G di MacBook Pro.

I yell, "hello.. can they get married?"


Usut punya usut, saya akhirnya menyerah. Segala petunjuk om Google saya ikuti, mulai mendownload software Mobile Partner for Mac, hingga proses instalasinya.

Ternyata gatot... alias gagal total. Akhirnya, saya mengontak salah satu master mac, kang adinoto untuk membantu menganalisa what happened iyeu teh...

1. Cek apakah hardware ini mendukung OS for Mac.


2. Cek apakah kompatabilitas bit hardware sama dengan macbook pro (Para komunitas apel tergigit ini menyingkatnya dengan nama MBP). Caranya. Sorot logo menu apel dipojok kiri atas, pilih About This Mac>More Info>Software. Perhatikan apakah tulisan yang ada pada 64-bit Kernel and Extensions adalah YES.
Bila YES, maka Mac OS sedang berjalan dengan 64 bit. Saatnya mengubah ke bit 32. Mengapa? Karena Huawei E156G gue ntuh baru 32 bit... Owh Em Ji, how old version it is...

Bila bit MBP mu sudah terburu terinstal 64 bit, maka ubah dulu ke 32 bit melalui terminal di Mac (Application>Utility>Terminal). Caranya klik disitus apple ini.

3. Bila sudah berganti, cek kembali bit MBP mu seperti cara 2. Kali ini seharusnya tulisan pada 64-bit Kernel and Extensions adalah NO.

4. Sekarang saatnya mendownload file Mobile Partner for Mac. Saya dah coba google kebeberapa tempat, link ini yang bisa bekerja (walau versi itali, tapi ada inggrisnya kok). Klik disini ya

::  download Huawei E156G for 3G Modem (OS leopard)  ::

5.  Isi deh datanya sesuai standar biasa klo di windows. Username, password.

Selamat berselancar ya...

Kalau masih error, coba kontak saya  (sok teyu ha... ha... ha...)

2 comments:

  1. Salah satu alasan saya tak memilih Mac selain harganya yang kurang pas dengan kantong saya adalah masalah tidak compatiblenya dengan beberapa peripheral komputer. He He He

    Selamat, Mbak Nat sudah beralih ke Mac. :)

    ReplyDelete
  2. Tak kenal maka tak sayang, mungkin begitu tepatnya bila tak kenal apple. Oh ya mas, fyi sayah justru kenal komputer pertama kali berbasis unix/linux nya mac. Dulu kompi pertama itu power mac, bukan PC :D Ayo, nabung beli Macbook hehehe

    ReplyDelete

dear sahabat ....
thanks to respond my article in "It's my World". Hopefully, your feedback can make the contents of this site more meaningful. Sincerely, - nhirany -

 

© 2009-2016 Copyright N.Hirany. All Rights Reserved.

created by e.n.h.a ~ credits