Quote today : "When you're committed to something, you must really do it, whatever it takes, you accept no excuses, only results. That is commitment.”

 Dzikir dalam ribuan nafsu duniawi

Kali ini saya ingin berbagi renungan tentang dzikir. Sebuah peringatan dari sahabat yang mengingatkan saya dzikir kepada Allah SWT.

Entah kesimpulan dari mana, orang berdzikir ribuan dalam sehari semalam berharap ilmu Allah, pengaruh dan kekayaan yg bersifat duniawi. Bibirnya mencari keridhaan namun hatinya berharap limpahan harta dan kemudahan?

Padahal harta di dpt dgn kesungguhan dan keseriusan dlm usaha, ilmu hanya akan didapat dengan  kesungguhan dan keseriusan dlm belajar. Kesungguhan dlm paket ilmu dan ikhtiar plus do'a, bukan cuma dzikir? Dzikir dimaksudkan untuk mengingat Allah agar hati kita ridha saat ketimpangan harapan dan kenyataan memukul logika kita, agar hati kita siap dan tetap tenang saat kegelisahan mengancam dari semua arah.


Siapakah yg memerintah dzikir ribuan kali agar rejeki mengalir seperti sungai dari mata airnya? Rejeki itu hanya akan mengalir melalui pintu" yang kita bukakan dengan segenap usaha, lalu terserah Allah mengalirkannya lewat pintu yang Ia kehendaki.
Hal yang tidak disunahkan lalu niat yang salah inilah yang kemudian menyebabkan amaliah itu tertolak dan menjadi santapan kesenangan jin. Akhirnya jin-lah yg memberikan Ilmu dan Harta yg fana itu sebagai hasil perniagaan atas penjualan akidah.

So, Berhati-hatilah Mari kita berdzikir utk mengingat Allah semata agar kita menjadi ridha saat dunia seakan menghimpit kita. Agar kita tenang saat kesulitan memenjara kita, bukan menginginkan hal duniawiah dgn dzikir. Jika ingin kaya bekerja keras dan bekerja cerdaslah, jika ingin berilmu belajarlah.

3 comments:

  1. thanks mbak udah mengingatkan kita semua utk berdzikir dari hati yang tulus lewat tulisan ini

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf sblm nya, lantas apa yg dimaksudkan sholat dhuha untuk meminta rizky dr allah.SWT.
    d situ kan ada do'a nya setelah sholat dhuha(do'a meminta rizky dr allah.SWT.
    tlg d bales prtnyaan sya,sya btuh pengertiannya dr anda,trim's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear dely, thanks ya sdh walking sampai kesini. Tulisan diatas terinspirasi saat sy sedang bermunajad kepada Allah untuk diberi keturunan. Tidak hanya shalat dhuha yang saya lakukan saja. Saat saya berdiskusi dengan seorang sahabat, sy di ingatkan agar niat dzikirnya diubah. Berdzikirlah karena memang saya (sbg manusia) me-hamba kepada Allah. Tidak fokus pada anaknya. Masalah anak (atau harta atau apapun tujuan kita berdzikir) jangan dijadikan tujuan utamanya. Tapi kita memang menghadap sama Allah bukan karena kita sedang butuh saja. Dalam keadaan hepi, riang, ceria pun wajib menghadap kepadaNya.

      Tulisan saya diatas hny untuk menjadi pengingat buat saya, bahwa dalam berdzikir berfokus terlebih dahulu kepada Allah nya. Mengenai Allah mengabulkan 'misi terselubung hambanya' itu persoalan berikutnya. Kalaupun tidak di kabulkan, sebagai hambanya tdk akan menyalahkan.

      Seperti itu pemahaman saya dely. Mohon maaf bila kurang berkenan. :)

      Delete

dear sahabat ....
thanks to respond my article in "It's my World". Hopefully, your feedback can make the contents of this site more meaningful. Sincerely, - nhirany -

 

© 2009-2016 Copyright N.Hirany. All Rights Reserved.

created by e.n.h.a ~ credits