Quote today : "When you're committed to something, you must really do it, whatever it takes, you accept no excuses, only results. That is commitment.”

 Nabung itu mahal?

Zee : "Ma, kok tabungan Z berkurang. Mama kemarin tidak nabungkan koin 10ribu ya?".

Saya : "Ah masa sih nak, angkanya tidak bertambah. Coba bunda liat bukunya?"

Setelah saya perhatikan , ternyata ada biaya administrasi yang memotong angka dibuku hitam itu sehingga angkanya bukannya membesar malah mengecil.

Sobs, saya pernah menanyakan kesalah satu customer service bank di indonesia,  berapa saldo minimal yang harus saya miliki biar saldo menjadi impas setelah di potong biaya administrasi, biaya bunga dan biaya-biaya lain yang diclaiman pada nasabah. Fantastis. Angkanya sekitar 7 juta dengan rate bunga bank saat saya menanyakan.

Alamak.... mahal amat nabung di bank. Nabung 10juta saja bunganya hanya bisa untuk isi pulsa elektronik dengan nominal paling kecil.  Parahh... Nabung sekarang hanya untuk orang kaya. Saya sarankan kalau sistemnya masih seperti ini, mending yang penghasilannya kurang dari 10juta, nabungnya  kembali ke zaman flinstone , nabung dibawah bantal saja.
Tak ade gune.... muterin duit 5juta di bank.

Suatu hari di salah satu pameran buku yang saya hadiri, saat melewati booth sebuah bank swasta, SPG yang berparas ayu menghampiri saya,

SPG :"Ibu apa sudah punya tabungan di bank kami?"

Saya :"Belum mba. Saya hanya punya satu tabungan di bank Z saja?"

SPG :"Wah, tepat sekali bu, bank kami bisa mengakomodasi kebutuhan keuangan ibu dan keluarga?".

Saya :"Oh ya? tapi potongannya pasti banyak. Berapa biaya minimalnya yang harus saya tabungkan biar tidak terpotong oleh administrasi Anda?".

SPG :"Ibu, kebijakan di tempat kami berbeda dengan bank lainnya. Kami membebaskan biaya A, biaya B, biaya C. Sehingga tidak akan banyak potongan. Tabungan minimalnya pun bisa dari seratus ribu saja?".

Saya :"Wah asik  sekali dong. Jaringan ATM nya cukup banyak kah di kota ini?".

SPG: "Banyak bu, ada sekitar 50 puluh ATM kami tersebar di area x,y, z. Ibu tinggal didaerah mana?"

Saya :"saya di daerah K mba, disana ada jaringan ATM nya?".

SPG:"Untuk daerah itu ibu bisa pake atm berjejaringan kami."

Saya :"Oh ya? ada biaya tambahan lagikah bila saya memakai atm berjejaringan?".

SPG:"Ada bu, tapi tidak mahal hanya lima ribu saja".

Setelah itu saya tersenyum dan berpamitan. Tidak jadi open account.
Tawaran menariknya sudah oke sekali, minim biaya administrasi. Tapi fasilitasnya juga masih minim. Kalau tidak mo dipotong di atm ya ambil ke teller saja. Tidak dipotong biaya bila menariknya diatas 10juta.

Hahhaha... bahasa marketingnya emang mohai.

Lalu bagaimana memasyarakatkan menabung dong?
Anggaplah tidak usah bertambah angkanya. Tapi jangan berkurang juga kaliiiiii......



Sorry ya, saya tidak mengajarkan bahwa menabung ini tidak baik loh.

Hanya menyampaikan fakta bahwa ternyata kalau menabung di bank dengan angka yang hitungannya ratusan, ribuan, bahkan jutaan dan terkadang di isi 6 bulan sekali, jangan kaget kalau dananya menyusut.

0 comments:

Post a Comment

dear sahabat ....
thanks to respond my article in "It's my World". Hopefully, your feedback can make the contents of this site more meaningful. Sincerely, - nhirany -

 

© 2009-2016 Copyright N.Hirany. All Rights Reserved.

created by e.n.h.a ~ credits