Quote today : "When you're committed to something, you must really do it, whatever it takes, you accept no excuses, only results. That is commitment.”

 Fiksi vs Non Fiksi : Solar Storm

Saat film 2012 di launching bulan november tahun lalu, banyak komentar pedas mengkritisi efek kiamat yang disajikan dalam film ini. Angka 2012 pun, konon diambil dari sistem penanggalan suku maya dan efek kiamat yang timbul difilm ini terinspirasi dari dampak badai matahari atau "solar storm" yang diperkirakan terjadi ditahun 2012. Efek inilah yang banyak dikritisi oleh beberapa saintis.

Badai matahari adalah ledakan besar di atmosfer matahari yang dapat melepaskan energi sebesar 6 × 1025 Joule. Badai matahari mempengaruhi semua lapisan atmosfer matahari (fotosfer, korona dan kromosfer). Kebanyakan badai terjadi di wilayah aktif disekitar bintik matahari.

Isu solar storm ini kembali merebak ditahun ini. Menurut KOMPAS.com, sejumlah peneliti antariksa di dunia memprediksi puncak badai matahari akan terjadi pada pertengahan tahun 2013. Indikasi tersebut berdasar pada aktivitas matahari yang saat ini terus meningkat.

"Pada 2012 hingga 2015 bintik matahari diperkirakan mencapai titik yang sangat banyak dan itu akan memicu banyak ledakan," ujar Dra Clara Yono Yatini, MSc, Kepala Bidang Aplikasi Geomagnet dan Magnet Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) sesuai dilansir oleh KOMPAS.com Sinar X dan radiasi ultraviolet yang dikeluarkan oleh badai matahari dapat mempengaruhi ionosfer Bumi dan mengganggu komunikasi radio sesuai yang ditegaskan oleh Clara Yono, "Dampak badai matahari hanya merusak sistem teknologi saja”.

Sistem teknologi yang terpengaruh, misalnya, rusaknya satelit sehingga mengganggu jaringan komunikasi. Dampak lainnya dari badai matahari ini juga dapat mengganggu medan magnet bumi. Seperti tahun 1989 saat badai matahari menyerang Kanada, jelas Clara, terjadi pemadaman listrik karena trafo di pusat jaringan listrik terbakar akibat arus yang sangat besar di bawah permukaan bumi. Badai matahari ini dapat diantisipasi agar tidak menimbulkan kerusakan, seperti mematikan sementara jaringan satelit dan jaringan listrik pada saat terjadi badai matahari.

"Masyarakat jangan terpengaruh dengan film 2012 karena itu sains palsu," pesan Clara Yono.

Segala peralatan elektronik yang mengandalkan data dari satelit akan terganggu, seperti penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan satelit GPS sebagai sistem navigasi. Oleh karena itu, mereka diharapkan menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi, dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang.

Jadi yang paling dikhawatirkan oleh pemerintah mau pun para ahli dari solar storm itu sebenarnya terganggunya frekuensi radio. Kalau untuk orang awam, tentunya badai matahari dianggap sebagai api neraka yang akan hadir di bumi dan akan membumihanguskan bumi beserta isinya menjadi abu. Siapa yang tidak takut? Mungkin ada sebagian yang tidak takut tapi tetap saja ini meresahkan.

Coba kita lihat betapa bahayanya jika frekuensi radio terganggu, radio di sini bukanlah radio mendengarkan siaran berita atau lagu-lagu seperti prambors, suaragama, dan mustang fm, atau klcbs tetapi lebih kepada alat yang menggunakan konsep radio seperti handphone, wi-fi, GPS, BTS, dan lain-lain.

Wah, berarti manusia tidak akan jadi kiamat dong? Ya, bagi mereka yang tidak mengandalkan hidupnya dengan menelpon-ditelpon, twitteran, fesbukan, bbm, friendster atau alat berkonsepkan radio. Wah, bisa jadi telepon mati, pake surat-suratan dong ya tongue

Jadi, mulai sekarang , cobalah belajar untuk puasa dengan alat telekomunikasi yang ada. Hitung-hitung latihan menghadapi solar storm yang tidak bisa diprediksi berapa lama terjadi.

2 comments:

  1. iya ka, aku liat isu berita badai matahari ditanggapi sangat serius (apa lagi anak kecil tetanggaku) padahal ga separah itu..(kebetulan aku tau sedikit astronomy)

    kalo puasa ol kayanya susah..hehehee

    ReplyDelete
  2. ~lucky : iya.. kalau tau ilmunya memang tidak perlu panik.
    But u knowlah... human. Heboh dulu baru panik..
    (jadi kapan mikirnya ya hahahaha)

    Bro, foto tema apa yg putihnya?

    gw jarang bnuansa putih semua..

    ReplyDelete

dear sahabat ....
thanks to respond my article in "It's my World". Hopefully, your feedback can make the contents of this site more meaningful. Sincerely, - nhirany -

 

© 2009-2016 Copyright N.Hirany. All Rights Reserved.

created by e.n.h.a ~ credits